Adsense

8 Cara Meningkatkan BPK Adsense

Meningkat BPK Adsense kolektorilmu.com

8 Cara Meningkatkan BPK Adsense – Halo para Blogger, Tentunya semua para Blogger yang sudah bergabung dengan Adsense menginginkan hal ini bukan? Jika situs Anda sudah disetujui oleh Adsense, pastinya Anda menginginkan iklan dengan Bayaran Klik (BPK) yang tinggi. Karena secara langsung ini akan mempengaruhi pendapatan Adsense Anda.

Sebelum memasuki pokok bahasan, setidaknya Anda sebagi blogger baru mungki ada pertanyaan apa itu BPK?

Apa itu BPK Adsense?

BPK itu merupakan singkatan dari Bayar Per Klik. Artinya Anda akan dibayar oleh Adsense jika ada pengunjung yang melakukan klik pada iklan Anda. Semakin banyak yang mengklik iklan Anda, semakin besar peluang pendapatan Anda bertambah.

Tetapi ingat klik disini adalah murni dari pengunjung, bukan dari diri Anda sendiri. Dan BPK juga memiliki nilai atau harga masing-masing. Bahkan ada iklan yang jika diklik tidak mendapatkan bayaran sama sekali.

Jadi apa saja yang mempengaruhi nilai atau harga BPK Adsense? Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi BPK Adsense.

1. Niche Blog

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih niche blog Anda sendiri. Apa itu niche? Jika Anda mengartikan kata niche pada kamus bahasa inggris ke Indonesia maka niche artinya “ceruk“. Arti niche blog menurut saya adalah blog atau website yang menyajikan tentang pembahasan tertentu dan dikhususkan. Misalnya Anda lebih suka menulis tentang otomotif, maka blog atau website Anda membahas tentang otomotif.

Sudah ke gambar sekarang apa itu niche blog? Jika belum mungkin Anda perlu berselancar lebih banyak lagi di google search.

Jadi apa pengaruhnya antara niche dengan BPK? Google Adsense lebih senang dengan niche blog yang membahas satu tema dari pada blog yang pembahasannya luas. Jadi buatlah blog dengan niche yang sesuai dengan kesukaan Anda.

Ada beberapa niche yang punya BPK tinggi, seperti blog yang membahasa tentang :

  • Domain
  • Gadget
  • Produk Google
  • Microsoft – MS Office
  • Perbankan
  • Kesehatan
  • Perumahan
  • Kedit rumha
  • Lowongan kerja

2. Konten atau Artikel

Hal kedua adalah Konten, Anda harus menulis Konten yang berkualitas dan mampu memberi informasi yang jelas kepada pembaca.

Buatlah konten semenarik mungkin, gunakan bahasa yang dapat dipahami oleh pembaca. Jika Anda menulis konten semau dan sesuka Anda tanpa memperdulikan minat pembaca, tidak perlu waktu lama pembaca akan langsung menutup blog Anda.

3. Pengaturan Izin Iklan Adsense

Pada Google Adsense terdapat pengaturan untuk mengizinkan dan memblokir iklan. Adan dapat melihatnya di menu Izin Iklan.

Izin Iklan Adsense

Pada Kategori Umum Anda akan melihat jenis-jenis iklan yang tampil pada situs Anda. Sesuaikan jenis iklan dengan niche blog Anda. Ini juga berpengaruh pada nilai BPK iklan.

4. Platform

Dari manakah sumber trafik terbanyak di situs Anda? Dari desktop atau perangkat keras seluler?

Jika sumber trafik paling banyak dari desktop, cobalah untuk memperbaharui situs Anda agar menjadi mobile friendly. Tujuannya adalah untuk menjangkau pengunjung lebih banyak lagi.

Karena di era digital sekarang ini banyak orang mengakses internet menggunakan smartphone mereka.

5. Negara

Tidak dipungkiri lagi bahwa negara merupakan salah satu faktor meningkatkan BPK Adsense. Banyak blogger setuju bahwa negara yang memiliki BPK tinggi dan stabil adalah Amerika Serikat.

Negara Amerika Serikat dapat menghasilkan BPK tinggi sebesar $2 hingga $10 sekali klik. Untuk iklan yang sama jika di klik dari Indonesia mungkin hanya dibayar sekitar 20 hingga 30 sen saja.

Jadi jika Anda ingin menargetkan BPK tinggi, pilihlah target di negara seperti Amerika dan Inggris. Salah satu caranya adalah membuat konten dengan berbahasa inggris.

6. Format Iklan (Teks & Gambar)

Soal format iklan, Iklan teks maupun gambar keduanya memiliki kinerja baik. Kedunya format tersebut berpeluang mempunyai BPK. Tetapi format iklan teks memiliki BPK lebih tinggi dari pada format gambar. Tapi ini tidak menjadi patokan.

Tidak menutup kemungkinan format iklan gambar memiliki BPK tinggi, kembali lagi itu tergantung pada niche blog Anda.

7. Penempatan Lokasi Iklan

Penempatan iklan merupakan faktor penting dalam meningkatkan penghasilan adsense, termasuk meningkatkan BPK adsense. Lokasi penempatan yang memiliki kinerja baik adalah di dalam postingan.

Jadi, optimalkan iklan Anda dengan menempatkan iklan di dalam postingan Anda. Tapi ingat, penempatan iklan juga harus disesuaikan. Jangan sampai penempatan iklan pada postingan menurunkan kualitas konten sehingga pembaca malas untuk membaca konten Anda karena terlalu banyak iklan.

8. Lakukan Eksperimen pada Iklan Adsense

Mungkin Anda dirasa perlu melakukan eksperimen pada iklan Adsense. Tujuannya adalah untuk mengetahui kinerja iklan Anda. Contohnya, cobalah bereksperimen tentang format iklan. Format iklan mana yang dirasa mempunyai kinerja tinggi pada situs Anda. Format iklan teks atau format iklan gambar.

Kesimpulan

Langkah-langkah di atas merupakan saran yang dirasa perlu untuk Anda lakukan. Dari langkah-langkah di atas setidaknya peluang BPK iklan Adsense Anda akan meningkat.

Anda tidak perlu melakukan semua langkah-langkah tersebut. Pilihlah langkah-langkah tersebut sesuai kemampuan Anda. Contohnya, jika Anda tidak mahir berbahasa inggris, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menulis artikel dengan bahasa inggris dengan tujuan target negara seperti Amerika.

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan BPK Adsense cukup ikuti langkah-langkah sesuai dengan kemampuan Anda.

About the author

Ahmad Syaiful

Seorang yang selalu ingin tahu tentang hal-hal baru yang positif.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.