Adsense

Apa itu RKT (Rasio Klik Tayang) pada Google Adsense?

Bagi Hasil Google Adsense

Bagi para blogger baru mungkin ada pertanyaan apa itu RKT (Rasio Klik Tayang) pada Google Adsense? Atau kita sering dengar CTR (Click Through Rate) pada Google Adsense. RKT adalah jumlah klik iklan yang terjadi pada suatu situs dibagi dengan jumlah tampilah halaman.

Adsense menetapkan rumus RKT = Klik/Tampilan Halaman. Satuan RKT adalah persentase.

Sebagai contoh, jika situs Anda ada yang mengklik iklan sebanyak 4 kali dan tampilah halaman Anda sebanyak 400 tampilan laman. Maka RKT laman Anda adalah 1%.

Apa pentingnya RKT (RKT (Rasio Klik Tayang) pada Google Adsense?

Dalam dunia jaringan periklanan RKT sangat penting bagi pengiklan dan penerbit. Untuk pengiklan ini menjadikan laporan atau indikator untuk meninjau penjualan produk mereka melalui iklan yang mereka pasang.

Untuk penerbit adalah menjadi acuan iklan mana yang sering diklik oleh pengunjung. Ini lebih pada penempatan iklan. Tidak hanya itu RKT juga berpengaruh pada pendapatan melalui klik iklan.

Tetapi ini RKT tidak menjadi patokan bahwa semakin banyak klik, maka semakin banyak penghasilan. Ini adalah pemikiran yang perlu diubah. Beberapa klik iklan menghasilkan pendapatan yang lebih besar dari pada banyak klik iklan.

Ini tergantung pada penargetan iklan yang dapat memberikan PPC (Pay per Click) yang baik. Jadi jika penargetan iklan yang mempunyai nilai PPC tinggi itu lebih baik dari pada mendapatkan RKT tinggi tetapi tidak menargetkan iklan sama sekali.

Jangan remehkan RKT

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pengiklan akan mengiklankan iklan mereka kepada situs yang memiliki RKT tinggi. Biasanya mereka adalah pengiklan yang mau membayar tinggi jika klik terjadi (PPC).

Tetapi sebaliknya, Jika situs Anda memiliki RKT rendah biasanya Anda hanya mendapatkan penghasilan dari pengiklan yang berbasis PPS (Pendapatan Per Seribu tayangan). Anda hanya dibayar dengan pengunjung melihat iklan saja. Nilainya tidak setinggi PPC.

RKT Dari Pengunjung Murni

Perlu diingat bahwa nilai RKT di sini adalah dari pengunjung murni. Artinya bukan dari diri Anda sendiri yang melakukan klik pada iklan, atau meminta teman dan keluarga untuk klik iklan Anda. Karena ini melanggar kebijakan program Adsense. Dan Adsense mempunyai cara yang canggih untuk mengetahui kecurangan tersebut.

Jadi yang diharapkan adalah RKT yang murni dari pengunjung tanpa paksaan. Biasanya Google Adsense lebih senang jika pengunjung berasal dari organic search.

About the author

Ahmad Syaiful

Seorang yang selalu ingin tahu tentang hal-hal baru yang positif.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.