WordPress

Cara Install WordPress dari cPanel

WordPress merupakan sebuah CMS (Content Management System) yang memungkinkan Anda untuk membuat sebuah blog atau website dengan mudah, hanya bermodalkan hosting dan domain untuk mengInstallnya. Platform ini sangat populer di seluruh dunia dan bisa Anda dapatkan secara gratis.

Install WordPress disini melalui cPanel. Anda akan mendapatkan akses cPanel jika Anda berlangganan hosting. Jadi Anda harus mendaftar paket hosting terlebih dahulu di layanan penyedia hosting seperti Niagahoster.

Cara Installl WordPress Via cPanel

Seperti pada judul artikel ini, pembahasan cara-cara instalasi WordPress di khususkan untuk Anda yang telah mempunyai hosting.

Berikut Langkah-langkah Instalasi :

  1. Untuk mengInstalll WordPress via cPanel sangatlah mudah. Langsung saja ketiakan pada browser Anda seperti contoh berikut : namadomainanda.com/cpanel kemudian tunggu hinggal muncul tampilan cPanel. Setelah itu ketikan nama user (username) dan password Anda.
    Install WordPress dari cPanel
  2. Setelah berhasi login, Anda akan melihat tampilan halaman dashboard cPanel dengan menu-menu yang masing-masing menu mempunyai fungsi dan fitur yang berbeda-beda. Pada dashboard, silahkan cari (scroll kebawah) dengan nama kategori “Software” kemudian pilih “Softaculous Apps Installler”.
    Dashboard cPanel
  3. Setelah itu Anda akan melihat halaman Softaculous. Kemudian silahkan pilih menu Blog » WordPress kemudian pilih Install.

    Tampilan Softculous pilih WordPress
  4. Maka akan muncul keterangan berikut ini.
    1. Choose Protocol : Protokol yang ingin Anda gunakan, seperti http://, http://www., https://, https://www. Pilihan paling umum adalah http://.
    2. Choose Domain : Pilih domain yang ingin Anda gunakan untuk mengInstall Wordpres. Jika Anda mempunyai lebih dari 1 domain dalam 1 hosting, maka akan muncul pilihan domain lainnya.
    3. In Directory : Jika Anda ingin mengInstall WordPress pada direktori lain, silahkan isi sesuai keinginan Anda. Jika ingin mengInstall tanpa direktori, silahkan kosongkan opsi tersebut. Saran lebih baik dikosongkan.
    4. Site Name : Nama situs yang Anda inginkan.
    5. Site Description : Deskripsi atau gambaran situs Anda.
    6. Enable Multisite (WPMU) : Pilihan untuk mengaktifkan multisite pada WordPress Anda. Opsi ini biasanya jarang diaktifkan.
    7. Admin Username : username untuk login pada dashboard WordPress.
    8. Admin Password : password untuk login pada dashboard WordPress.
    9. Admin Email : Email Anda yang akan digunakan untuk kebutuhan Installasi WordPress dan bisa digunakan untuk reset password jika Anda lupa
    10. Select Language : Pilihan Bahasa pada WordPress yang ingin Anda gunakan
    11. Limit Login Attempts : Plugin yang akan diInstall secara otomatis pada WordPress yang berfungsi untuk membatasi jumlah usaha login jika Anda salah memasukkan username dan atau password.
    12. Select Themes : Jika Anda ingin menginstall WordPress berserta dengan Theme, silahkan pilih theme yang Anda inginkan. Jika tidak abaikan saja opsi tersebut.
    13. Email Instalation details to : masukkan email Anda jika ingin menerima informasi secara detai mengenai instalasi WordPress yang Anda lakukan.
    14. Jika semuanya sudah selesai, langkah terakhir pilih “Install”.
  5. Tunggu hingga proses instalasi selesai dan akan muncul pemberitahuan seperti gambar berikut :
    Hasil Instalasi WordPress
  6. Setelah proses instalasi selesai, silahkan kunjungi situs Anda dan masuk dashboard WordPress pada alamat namadomainAnda.com/wp-admin/. Setelah itu masuk menggunakan username dan password yang telah dibuat pada saat instalasi WorsPress tadi.

Akhir tulisan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

About the author

Ahmad Syaiful

Seorang yang selalu ingin tahu tentang hal-hal baru yang positif.

10 Comments

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.