WordPress

Cara Redirect Halaman Tidak Ditemukan (404)

Pernahkan kalian melihat halaman 404 pada suatu website. Jika pernah itu adalah halaman tidak ditemukan dalam artian halaman yang anda cari tidak ada atau sedang dalam keadaan maintenance. 404 sendiri merupakan kode untuk halaman yang tidak dapat ditemukan. Untuk itu peralihan halaman 404 ke halaman yang lain merupakan hal yang penting, agar pengunjung dapat melihat halaman yang kita alihkan. Kita dapat mengalihkan ke halaman home atau halaman yang lainnya.

Apa itu halaman tidak ditemukan?

Menurut pendapat saya pribadi halaman 404 merupakan halaman yang menampilkan pesan error atau pesan halaman tidak ditemukan. Banyak faktor yang menyebabkan halaman tidak ditemukan ini muncul. Salah satunya adalah link yang broken pada website kita. Kita pernah menulis suatu artikel atau halaman dan pernah terindex di google dan kita menghapus halaman tersebut. Dan secara kebetulan pengunjung mengklik link dari artikel yang telah terhapus, maka halaman 404 ini lah muncul. Jika Anda ingin melihat halaman 404 pada websaite Anda, tambahkan sembarang karakter setelah tanda “/” pada domain Anda. Contoh http://domain-anda.com/iadfjf pasti Anda akan melihat halaman tidak ditemukan pada website Anda.

contoh halaman tidak ditemukan

Apa pengaruh dari halaman 404

Jika web Anda terlalu banyak halaman 404, pasti berpengaruh pada SEO website Anda dan akan menjadi pengalaman yang buruk pada pengunjung yang sering melihat halaman 404 sehingga menurunkan kepercayaan pengunjung pada web Anda. Jika web Anda terdaftar pada Google Webmaster, maka Anda akan melihat seberapa banyak link 404 pada website Anda

google webmaster halaman tidak ditemukan

Maka dari itu kira dapat segera mengatai hal ini yaitu dengan cara Redirect atau mengalihkan halaman yang tidak ditemukan ke halaman yang Kita inginkan. Banyak cara untuk mengalihkan halaman 404 ke halaman yang lainnya. Tetapi disini Saya hanya membahas cara redirect halaman 404 dengan edit file 404.php.

Cara Redirect Halaman 404

Untuk mengatasi halaman 404, silahkan login pada website Anda. Kemudaian pilih Tampilan -> Penyunting (Appearance -> Editor). Setelah itu pilih halaman 404.php. Hapus semua kode yang ada di file 404.php dang anti dengan kode dibawah ini.

Keterangan dari kode di atas

  • header(“HTTP/1.1 301 Moved Permanently”); Akan mengalihkan secara permanent halaman 404.php ke halaman yang lain yang akan di definisikan pada baris berikutnya
  • header(“Location: “.get_option(‘home’)); Halaman yang secara permanent akan menggantikan halaman 404.php. Kita bisa megalihkan halaman 404.php ke halaman yang kita inginkan, bisa ke Home Page atau halaman yang lain. Pada contoh diatas, saya mengalihkan halaman 404.php ke halaman home page. Jika ingin mengalihkan ke halaman yang lain gunakan kode header(“Location: “.get_option(‘home’).”/sitemaps/”); yang artinya mengalihkan halaman 404 ke halaman sitemaps.
  • exit(); Untuk mengakhiri pengeksekusian script

Demikian sharing yang bisa Saya tuliskan. semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan terima kasih telah berkunjung ke Kolektor Ilmu.

About the author

Ahmad Syaiful

Seorang yang selalu ingin tahu tentang hal-hal baru yang positif.

7 Comments

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.