WordPress

Cara Mengalihkan atau Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress


Redirect HTTP ke HTTPS merupakan pengelihan (redirect) dari alamat web atau situs dengan protokol HTTP ke HTTPS. jika anda mengetikkan alamat situs pada browser dan anda melihat logo gembok berwarna hijau, artinya situs tersebut menggunakan protokol HTTPS.logo gembok hijau situs httpsApa sih kelebihan menggunakan protokol HTTPS? sederhananya adalah situs Anda akan lebih aman dari kemungkinan tercurinya data informasi penting di situs Anda. Karena data informasi tersebut telah terenkripsi. HTTPS juga memiliki manfaat untuk website pada umumnya:

  • Situs yang menggunakan HTTPS berkesempatan memiliki peringkat lebih tinggi dibandingkan situs tanpa HTTPS. Beberapa tahun lalu, Google mengumumkan jika HTTPS adalah salah satu faktor rangking sebuah website.
  • Kepercayaan. Pengunjung akan melihat gembok berwarna hijau pada nama domain di browser.

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum merubah HTTP menjadi HTTPS, Anda harus mempunyai paket SSL (Secure Socket Layer). SSL ada yang gratis dan ada yang berbayar. Untuk yang gratis biasanya sudah disediakan oleh layanan hosting situs Anda. Untuk yang berbayar, Anda dapat membelinya melalui layanan hosting situs Anda. Kemudian Anda dapat menginstall SSL melalui CPnel. rinciannya adalah sebagai berikut :


  • Anda memiliki akses ke dashboard admin wordpress
  • Anda memiliki akses ke control panel hosting
  • Sertifikat SSL/TSL sudah terinstal (untuk menginstal SSL silakan mengikuti tutorial berikut jika hosting Anda menyediakan SSL gratis dari Let’s Encrypt)
PENTING – Anda harus sudah menginstall sertifikat SSL / TLS pada hosting untuk mengaktifkan protokol SSL. Anda dapat mengecek apakah SSL sudah aktif atau belum dengan mengakses https://domainanda.com. Beberapa penyedia hosting sudah menyediakan SSL secara gratis

1. Cara Redirect HTTP ke HTTPS dengan Plugin WordPress

Cara yang pertama Anda hanya menginstall Plugin WordPress pada situs Anda. Hal ini akan lebih mudah jika dibandingkan dengan mengedit file .htaccess. Apabila situs Anda sudah banyak Terdapat banyak plugin sejenis untuk mengatasi redirect HTTP ke HTTPS. salah satunya adalah Really Simple SSL.

Berikut cara menginstal plugin dan mengaktifkan redirect ke HTTPS.

  1. Silahkan login ke dashboard admin WordPress dan install plugin Really Simple SSL. Aktifkan setelah instalasi selesai.redirect http ke https menggunakan plugin really simple ssl
  2. Kemudian Anda akan melihat pesan di bagian atas halaman bahwa HTTPS belum aktif, silahkan klik tombol Go ahead, activate SSL!
    aktivasi SSL
  3. Anda akan melihat pesan sukses di bolog WordPress yang berarti SSL di situs Anda sudah aktif
  4. Untuk melakukan pengaturan SSL silahkan ke menu Pengaturan -> SSL.
    pengaturan ssl
  5. Pengeturan SSL dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, contoh pengaturan SSL seperti gambar di bawah ini.
    pengaturan penyesuaian sslSetelah selesai, Klik Save.

Itulah langkah redirect HTTP ke HTTPS menggunakan Plugin di WordPress. Anda dapat mencobanya sendiri. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.




About the author

Ahmad Syaiful

Seorang yang selalu ingin tahu tentang hal-hal baru yang positif.

2 Comments

Leave a Comment