Manfaat

MANFAAT COKELAT BAGI KESEHATAN

Manfaat Cokelat bagi Kesehatan

Cokelat, Mendengarnya saja membuat kita mengecap lidah. Jenis makanan yang paling banyak digemari orang di seluruh dunia ini terkenal akan kenikmatannya. Rasa manisnya khas serta beragam bentuk olahan menarik berbahan Cocoa ini semakin membuat orang ingin mengonsumsinya.

Cokelat diketahui memiliki kandungan penting yang bermanfaat bagi tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak serta senyawa anti oksidan bernama flavonoid yang memiliki khasiat kebaikan bagi kesehatan. Meski kita sering mengonsumsi Cokelat, tahukah kita manfaat Cokelat bagi kesehatan?

Manfaat Cokelat bagi Kesehatan

Meningkatkan Produksi Insulin

Hasil penelitian ilmuan di Italia menemukan bahwa mengkonsumsi Cokelat ternyata dapat meningkatkan produksi insulin atau protein yang mengontrol kadar gula dalam tubuh sehingga mencegah timbulnya penyakit diabetes. Mereka menyiapkan 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons Cokelat hitam atau Cokelat putih yang megandung phytochemical flavonoid selama 15 hari. Hasilnya ternyata faktor resiko untuk diabetes secara signifikan menurun pada mereka yang mengkonsumsi Cokelat hitam. Hal ini dikarenakan insulin yang diperoleh memakan Cokelat dapat mengubah gula daraah dalam tubuh menjadi sumber energi.

Cokelat Membuat Lebih Pintar Hitung-hitungan

Cokelat disebut-sebut membuat kita lebih pintar hitung-hitungan. Prof. David Kennedy dari Northumbria University melakukan sebuah study untuk mengunkapkan apakah Cokelat dapat bermanfaat juga bagi otak. Peserta dalam study ini diberikan 500 mg Flavanol dalam minuman Cokelat panas. Hasilnya peserta ini peningkatan stimulasi dalam otak dan terbukti lebih mampu menyelesaikan soal Matematika yang rumit.

Cokelat Meningkatkan Kesehatan Mata

Fakta berikutnya datang dari University of Reading, para peneliti disana ingin mengetahui apakah flavonoid yang terkandung dalam Cokelat hitam juga dapat memperbaiki penglihatan mata seseorang. Mereka kemudian melakukan Sebuah studi dengan membandingkan antar dua kelompok peserta, satu kelompok mengkonsumsi Cokelat hitam dan satu kelompok lainnya mengkonsumsi Cokelat putih. Hasilnya dalam sebuat tes kemampuan melihat sekelompok peserta yang menkonsumsi Cokelat hitam ternyata memiliki penglihatan yang lebih ungul dibanding kelompok peserta yang mengkonsumsi Cokelat putih.

Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah

Terkait penelitian yang dilakukan oleh ilmuan di Italia ditemukan fakta lainnya bahwa Cokelat dapat mempengaruhi peningkata aliran darah. Hasil penelitian menunjukan bahwa 15 orang yang mengkonsumsi Cokelat hitam, memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Hal ini karena kandungan zat flavonoid dalam Cokelat sebagai anti oksidan alami yang dapat mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Ini juga dapat mencegah tekanan darah tinggi, anemia serta melancarkan sirkulasi darah sehingga pembuluh darah yang mengalami penyempitan melebar kembali.

Mengatasi Diare

Selama ini kita mengetahui bahwa mengatasi diare adalah dengan menggunakan sejumlah tanaman herbal seperti daun jambu biji. Ternyata ada fakta menarik dalam sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa. Ditemukan sejak abad ke 16, pengobatan pada penderita diare dapat dilakukan dengan memanfaatkan Cokelat. Hal ini akhirnya semakin diperkuat dengan penelitian modern yang dilakukan para ilmuan di Rumah Sakit Anak Oakland Reasearch Institute. Mereka menemukan fakta bahwa kandungan flavonoid dalam Cokelat dapat meningkatkan protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare.

Baik untuk Sindrom Kelelahan Kronis

Kelelahan kronis merupakan penyakit yang menyebabkan timbulnya gejala sakit kepala, tubuh nyeri, jantung dan masalah pernapasan. Para peneliti di Inggris memberikan satu setengah (1,5) ons Cokelat pada sekelompok orang dewasa yang menderita penyakit ini untuk dikonsumsi setiap hari selama 8 minggu. Ternyata hasilnya cukup mengejutkan, sekelompok orang ini mengatakan bahwa rasa lelah mereka perlahan menghilang. Dan uniknya mereka sama sekali tidak mengalami kenaikan berat badan meskipun sudah mengkonsumsi Cokelat setiap hari selama 8 minggu.

Cokelat Dapat Sembuhkan Batuk

Dalam sebuah penelitian kepada 300 pasien batuk kronis di 13 Rumah Sakit terbukti bahwa senyawa kimia alami bernama Theobromine yang berasal dari bahan baku cokelat memiliki kemampuan untuk meredakan batuk. Pada saat penelitian berlangsung para peserta diberikan cokelat sebanyak2 kali sehari selama 2 minggu. Hasilnya cukup mengejutkan banyak pihak, 60% peserta merasakan batuknya langsung mereda. Ternyata hal ini karena senyawa Theobromine dalam cokelat bereaksi dengan cara memblokir aktifitas syaraf sensorik yang akan segera menghentikan batuk.

Dan itulah Manfaat Cokelat bagi Kesehatan yang dapat kami rangkum. Semoga Informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah mengunjungi Kolektor Ilmu

About the author

Bunda Arka

Seorang wanita biasa dan lemah dihadapan-Nya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.