MySQL

MySQL – Dasar-dasar MySQL

Sebelum memulai MySQL lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui dasar-dasar MySQL yang meliputi Entering Query atau tata cara memasukan dan menjalankan perintah-perintah pada bahasa SQL.

Entering Query

Cara-cara input query pada MySQL tidaklah sulit untuk dilakukan. sebelum melakukan hal ini, pastikan bahwa Anda terhubung atau terkoneksi dengan MySQL, seperti yang pernah saya tulis pada artikel sebelumnya.

Baca : MySQL – Menghubungkan dan Memutuskan Koneksi Server

Berikut adalah contoh-contoh perintah melalui query. Perintah query untuk mengetahui versi server pada MySQL.

Keterangan query :

  • Setiap kali mengetikan perintah query, diakhiri dengan titik koma (Ada beberapa pengecualian penggunaan titik koma seperti QUIT). Dan tekan Enter untuk menjalankan query
  • Output yang ditampilkan dalam beruk tabel (baris dan kolom)

Dari contoh diatas dapat dilihat versi yang saya gunakan adalah MySQL Version 5.5.30. Perintah query belum dapat dijalankan sebelum Anda menambahkan karakter titik koma (;), MySQL akan tetap menunggu Anda memasukkan karakter tersebut ditandai dengan ganti baris

Contoh-contoh perintah query lainnya :

Melihat tanggal dan waktu sekarang

Melihat user MySQL yang digunakan

Operasi Aritmatik

Contoh-contoh di atas merupakan dasar-dasar MySQL yang mungkin perlu untuk anda ketahui. Diperlukan juga pemahaman terhadap bahasa SQL atau query-query supaya kita tahu apa yang akan dilakukan ketika menghadapi masalah seperti ketika terjadi error dari query, kita dapat mengetahui mana yang harus kita perbaiki pada baris query tersebut.

About the author

Ahmad Syaiful

Seorang yang selalu ingin tahu tentang hal-hal baru yang positif.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.